Minggu, 07 November 2010

Masa Ketertarikan Pada Remaja

Pada masa remaja biasanya kita sudah tertarik pada lawan jenis. Ada yang tertarik pada perempuan, ada pula yang tertarik pada laki-laki. Biasanya mereka sampai ke jenjang pacaran. Pacaran dapat diartikan sebagai masa saling mengenal lawan jenis sehingga menjadi lebih dekat. Namun, bukan hanya remaja yang telah mengenal kata 'Berpacaran' tetapi anak-anak yang baru menginjak Sekolah Dasar. Masa berpacaran pada masa remaja, memiliki sisi positif dan negatifnya. Terkadang pacaran disalahgunakan hingga menjadi pacaran yang tidak sehat. Pacaran yang tidak sehat itulah yang bisa menimbulkan dampak negatif pada masa remaja. Bagi remaja, pacaran boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Di masa ini peran orang tua benar-benar sangat dibutuhkan. Masa ketertarikan pada lawan jenis ini memang masa yang dapat dibilang masa paling indah. Karena, pada masa ini kita dapat lebih mengenal teman lawan jenis kita.



Remaja dan Pacaran masa remaja merupakan masa meningkatnya ketertarikan terhadap lawan jenis remaja dan pacaran hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormon dalam diri remaja. Pada masa ini remaja sudah mulai menjalin hubungan dengan lawan jenis yang sering disebut pacaran atau berkencan. Bagi sebagian remaja bisa memiliki pacar merupakan prestasi tersendiri karena remaja merasa bisa diterima dan disukai orang lain. Dengan demikian remaja mengembangkan body image yang positif sehingga meningkaykan harga dirinya. Berbeda dengan remaja yang tidak memiliki pacar, mereka merasa ditolak dan tidak diinginkan. Mereka merasa buruk dan menurunkan body image-nya. Perasaan ditolak ini bisa membawa remaja lari ke hal-hal negatif. Remaja yang sudah berpacaran juga mengalami konflik-konflik antara lain :

Perbedaan pendapat diantara keduanya.

Pacar yang selingkuh.

Tidak percaya, curiga, cemburu.

Pacar yang memiliki kebiasaan buruk bisa membawa pasangannya menjadi seperti dirinya.

Pacaran yang tingkatnya sudah berlebihan dapat mengarah pada seks bebas dan kehamilan remaja karena pada masa remaja minat seks juga meningkat.

Putus dengan pacar bisa menyebabkan sedih yang berkepanjangan, depresi bahkan bisa menyebabkan bunuh diri.

Perasaan ditolak dan tidak diinginkan karena diputus pacar bisa membuat remaja menarik diri atau lari pada hal-hal negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar